Aplikasi Perangkat Lunak Gambar Kelas XIII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Gambar kelas XIII 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
C2.  Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik; Teknik Pengukuran Tanah; Gambar Teknik;Dasar-dasar Konstruksi

C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar (XI, XII, XIII), Konstruksi Jalan dan Jembatan (XI, XII, XIII), Konstruksi Gedung (XI, XII, XIII), Interior Gedung (XI, XII, XIII), Rencana Anggaran Biaya (XI, XII, XIII), Pengembangan Produk Kreatif (XI, XII, XIII)
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Paket Keahlian : Teknik Gambar Sipil Arsitektur
Mata Pelajaran : Aplikasi Perangkat Lunak Gambar
Kelas : XIII
Jumlah Jam : 8 Jam Pelajaran

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.2     Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

2.2     Menunjukkan perilaku yang patut dan santunserta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari

2.3     Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 3.1 Memahami tampilan/preview pada adobe photoshop

3.2 Menganalisis perintah menu bar pada adobe photoshop

3.3 Menganalisis perintah-perintah option bar pada adobe photoshop

3.4 Menganalisis perintah box tool/panel tool pada adobe photoshop

3.5 Membuat visual presentasi dengan adobe photoshop

3.6 Memahami peralatan pembuatan Maket

3.7 Memahami bahan pembuatan Maket

3.8 Memahami teknik cutting dan merangkai bahan Maket

3.9  Membuat elemen pendukung  Maket

3.10 Memahami pandestal Maket dan legenda

3.11 Memahami finishing Maket

 

 

4.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 4.1  Menerapkan tampilan/preview pada adobe photoshop

4.2  Menerapkan perintah menu bar pada adobe photoshop

4.3 Menunjukkan  perintah-perintah option bar pada adobe photoshop

4.4 Menunjukkan perintah box tool/panel tool pada adobe photoshop

4.5 Membuat visual presentasi dengan adobe photoshop

4.6 Menentukan peralatan pembuatan Maket

4.7 Menentukan bahan pembuatan Maket

4.8 Menentukan teknik cutting dan merangkai bahan Maket

4.9  Membuat elemen pendukung  Maket

4.10 Membuat pandestal Maket dan legenda

4.11 Menentukan  finishing Maket


Tulisan ini dipublikasikan di 1.1.1 Teknik Gambar Sipil Arsitektur dan tag , , , , . Tandai permalink.