Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Aplikasi Perangkat Lunak Gambar Kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur. Berikut ini adalah KI dan KD Aplikasi Perangkat Lunak Gambar edisi revisi Maret 2016 pelajaran dilaksanakan dalam 7 Jam Pelajaran / minggu
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Paket keahlian : Teknik Gambar Sipil Arsitektur
C2. Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik, Teknik Pengukuran Tanah, Gambar Teknik, Dasar-dasar Konstruksi
C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar, Konstruksi Jalan dan Jembatan, Konstruksi Gedung, Interior Gedung, Rencana Anggaran Biaya, Pengembangan Produk Kreatif
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya1.2 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari2.2 Menunjukkan perilaku yang patut dan santunserta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 3.1 Memahami type workspace switching dan viewpoint3.2 Memahami sistem koordinat 3 Dimensi dengan AutoCAD
3.3 Memahami prinsip dasar gambar 3 dimensi 3.4 Memahami user coordinate system (UCS) 3.5 Memahami pemodelan surface pada object 3 dimensi 3.6 Memahami pemodelan solid pada object 3 dimensi 3.7 Memahami object solid composite pada object 3 dimensi 3.8 Memahami perintah solid editing pada object 3 dimensi 3.9 Memahami perintah dasar 3DS Max 3.10 Memahami material editor pada object 3 dimensi 3.11 Memahami proses rendering pada 3DS Max |
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | 4.1 Menganalisa type workspace switching dan viewpoint4.2 Menerapkan sistem koordinat 3 Dimensi dengan AutoCAD4.3 Menerapkan prinsip dasar gambar 3 dimensi
4.4 Menentukan User Coordinate System (UCS) 4.5 Membangun pemodelan surface pada object 3 dimensi 4.6 Membangun pemodelan solid pada object 3 dimensi 4.7 Memodifikasi object solid composite pada object 3 dimensi 4.8 Memodifikasi perintah solid editing pada object 3 dimensi 4.9 Menunjukkan perintah dasar 3DS Max 4.10 Menentukan material pada object 3 dimensi 4.11 Menentukan proses rendering pada 3DS Max |