Akuntansi Keuangan KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Share

Akuntansi Keuangan KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian: Akuntansi dan Keuangan Lembaga (C3)
Mata Pelajaran : Akuntansi Keuangan
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menganalisis pencatatan transaksi penjulan barang dagangan secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran 4.1    Melakukan pencatatan transaksi penjulan barang dagang secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran
3.2   Menerapkan pengukuran dan pengakuan piutang 4.2    Melakukan pengukuran dan pengakuan piutang
3.3   Menganalisis  metode langsung dan metode cadangan untuk  piutang tidak tertagih 4.3    Melakukan pencatatan metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tidak tertagih
3.4   Menganalisis kartu piutang 4.4    Melakukan pencatatan kartu piutang
3.5   Menganalisis piutang wesel 4.5    Melakukan pencatatan piutang wesel
3.6   Menerapkan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka) 4.6    Melakukan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka)
3.7   Menganalisis Kartu Utang 4.7    Melakukan Pencatatan Kartu Utang
3.8   Menerapkan pencatatan persediaan 4.8    Melakukan pencatatan persediaan
3.9   Menerapkan metode persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus) 4.9    Melakukan perhitungan persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus)
3.10 Menganalisis harga pokok produksi perusahaan manufacture 4.10  Menyusun harga pokok produksi perusahaan manufacture
3.11 Menganalisis pembentukan kas kecil 4.11  Melakukan pencatatan kas kecil
3.12 Menganalisis pengelolan dana kas perusahaan di bank. 4.12  Melakukan pengelolaan dana kas perusahaan di bank
3.13 Menerapkan asset tetap 4.13  Melakukan pencatatan asset tetap
3.14 Menerapkan metode penyusutan asset tetap dan pencatatannya 4.14  Melakukan pencatatan penyusutan asset tetap
3.15 Mengevaluasi pengeluaran untuk pemeliharaan/pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap 4.15  Membuat keputusan pengeluaran untuk pemeliharaan/pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap
3.16 Menganalisis pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam. 4.16  Melakukan pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam.
3.17 Menganalisis aset tetap tidak berujud serta amortisasinya 4.17  Melakukan pencatatan aset tetap tidak berujud serta amortisasinya
3.18 Menerapkan pencatatan utang wesel jangka panjang. 4.18  Melakukan pencatatan utang wesel jangka panjang.
3.19 Menerapkan  pencatatan penerbitan utang obligasi 4.19  4.19 Melakukan pencatatan penerbitan utang obligasi
3.20 3.20 Menganalisis  penjualan konsinyasi 4.20  Melakukan pencatatan penjualan konsinyasi
3.21 Menganalisis berbagai jenis modal perusahaan (Perbedaan Modal perorangan, firma, PT, cv, dan Koperasi) 4.21  Melakukan pencatatan modal perusahaan (Modal perorangan, firma, PT, cv, dan Koperasi)

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *