Akuntansi Dasar KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Share

Akuntansi Dasar KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian: Akuntansi dan Keuangan Lembaga (C2)
Mata Pelajaran : Akuntansi Dasar
Jam Pelajaran : 180 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Perbankan dan Keuangan Mikro pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Perbankan dan Keuangan Mikro. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak- pihak yang membutuhkan informasi akuntansi 4.1     Mengelompokkan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi sesuai perannya
3.2     Memahami jenis-jenis  profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi) 4.2    Mengelompokkan  profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
3.3     Memahami  jenis dan bentuk badan usaha 4.3     Mengelompokkan jenis dan bentuk badan usaha
3.4     Memahami asumsi, prinsip- prinsip dan konsep dasar akutansi. 4.4     Mengelompokkan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi.
3.5    Memahami siklus akuntansi 4.5    Mengelompokkan tahapan siklus akuntansi
3.6     Menerapkan persamaan dasar akuntansi 4.6    Membuat persamaan dasar akuntansi
3.7     Memahami transaksi bisnis perusahaan baik perusahaan jasa, dagang dan manufacture 4.7    Mengelompokkan transaksi bisnis perusahaan baik perusahaan jasa, dagang dan manufacture
3.8     Menerapkan jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal 4.8     Melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
3.9    Menerapkan buku besar 4.9     Melakukan pencatatan buku besar
3.10   Menganalisis jurnal penyesuaian 4.10  Membuat jurnal penyesuaian
3.11   Menganalisis perkiraan untuk menyusun neraca lajur sebagai pembantu dalam membuat laporan keuangan 4.11  Menyusun laporan keuangan

 


Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *