KI dan KD mata pelajaran Agribisnis Tanaman Hias kelas XI 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Agribisnis Tanaman Hias dan Hortikultura Program Keahlian Agribisnis Tanaman Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : Agribisnis Tanaman
Paket Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Mata Pelajaran : AGRIBISNIS TANAMAN HIAS
KELAS: XI
Jumlah Jam Pelajaran: 144 jp (4 jp X 36 minggu efektif)
KOMPETENSI INTI (SIKAP SPIRITUAL) |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOAIAL) |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sekap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
Keterangan :
- Pembelajaran sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan.
- Guru mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan dan kondisi peserta didik.
- Evaluasi terhadap sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman hias
3.2 Menganalisis persyaratan media tumbuh tanaman hias 3.3 Mengevaluasi bahan tanam (benih dan bibit) tanaman hias 3.4 Menganalisis perlakuan khusus untuk benih dan bibit tanaman hias secara kimia, fisik dan mekanis 3.5 Menganalisis penanaman tanaman hias 3.6 Menganalisis pemupukan tanaman hias 3.7 Menganalisis pengairan tanaman hias 3.8 Mengevaluasi tanda-tanda kerusakan tanaman hias akibat factor biotic pada tanaman hias 3.9 Mengevaluasi tanda-tanda kerusakan tanaman hias akibat factor abiotic 3.10 Mengevaluasi bentuk tanamanhias 3.11 Menganalisis pemanenan tanaman hias 3.12 Menganalisis penanganan hasil panen tanaman hias 3.13 Menganalisis strategi pemasaran tanaman hias 3.14 Menerapkan pembukuan hasil usaha tanaman hias |
4.1 Melaksanakan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
4.2 Melaksanakan penyiapan media tanamtanaman hias 4.3 Melaksanakan penyiapan benih/bibittanaman hias 4.4 Melaksanakan perlakuan khusus tanaman hias 4.5 Melaksanakan penanaman benih dan bibittanaman hias 4.6 Melaksanakan penyiraman/pengairantanaman hias 4.7 Melaksanakan pemupukantanaman hias 4.8 Melaksanakan pengendalian hama dan penyakit secara fisik, kimiawi dan terpadu pada tanaman hias 4.9 Melaksanakan penanganan kerusakan tanaman akibat factor abiotik tanaman hias 4.10 Mencipta bentuk tanaman hias 4.11 Melaksanakan pemanenan tanaman hias 4.12 Melaksanakan penanganan hasil/pasca panen tanaman hias 4.13 Melaksanakan pemasaran hasil tanaman hias 4.14 Menyaji pembukuan usaha tanaman hias |