Administrasi Umum KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Administrasi Umum KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C1)
Mata Pelajaran : Administrasi Umum
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami administrasi 4.1   Mengelompokan jenis-jenis administrasi
3.2   Menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi 4.2   Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada kegiatan administrasi
3.3   Menganalisis persyaratan personil administrasi 4.3   Menyusun persyaratan personil administrasi
3.5   Memilih bentuk struktur organisasi 4.4   Membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan
3.6   Memahami fungsi-fungsi manajemen 4.5   Mengklasifikasikan  fungsi-fungsi manajemen
3.7   Menerapkan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar 4.6   Melakukan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar
3.8   Menerapkan penataan surat/dokumen 4.7   Melakukan penataan surat/dokumen sesuai sistem yang berlaku
3.9   Menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi 4.8   Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
3.10 Menerapkan tata ruang kerja/kantor (Office Layout) 4.9   Melakukan penataan ruang kerja/kantor (Office Layout)
3.11 Menerapkan komunikasi di tempat kerja 4.10 Melakukan komunikasi di tempat kerja
3.12 Menerapkan pencatatan keuangan sederhana 4.11 Melakukan pencatatan keuangan sederhana
3.13 Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor 4.12 Membuat laporan kegiatan administrasi kantor

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *