PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Administrasi Transaksi Kelas XII dengan 184 Jam ( 8 JP x 9 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1. Memahami administrasi , jenis transaksi dan manfaat bukti administrasi transaksi Menganalisis alat-alat hitung dalam Transaksi | 4.1 Menyajikan administrasi , jenis transaksi dan manfaat bukti administrasi transaksi |
3.2 Menganalisis transaksi dan alur transaksi penjualan (eksternal) | 4.2. Menyajikan transaksi dan alur transaksi penjualan (eksternal) |
3.3 Menganalisis dokumen administrasi
Penjualan |
4.3. Mencatat transaksi pada dokumen
administrasi penjualan |
3.4 Menganalisis transaksi dan alur transaksi pembelian (internal) transaksi | 4.4. Menyajikan transaksi dan alur
transaksi pembelian (internal) |
3.5 Menganalisis dokumen administrasi
Pembelian |
4.5. Mencatat transaksi pada dokumen
administrasi pembelian |
3.6 Menganalisis alur transaksi, bukti
penjualan tunai |
4.6. Mencatat transaksi pada bukti-bukti
penjualan tunai |
3.7. Menganalisis alur transaksi, syarat,
bukti penjualan kredit |
4.7. Mencatat transaksi pada bukti-bukti
penjualan kredit |
3.8. Menganalisis alur dan bukti
Penerimaan kas |
4.8. Mencatat transaksi pada bukti-bukti
penerimaan kas |
3.9. Menganalisis alur dan bukti
Pengeluaran kas |
4.9. Mencatat transaksi pada bukti -bukti
pengeluaran kas |
3.10 Menganalisis laporan penjualan | 4.10 Membuat laporan hasil penjualan
menggunakan program excel |