ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

C3. Paket Keahlian yaitu: Administrasi Kepegawaian Kelas XI, Administrasi Kepegawaian Kelas XII , Administrasi Keuangan Kelas XI, Administrasi Keuangan Kelas XII , Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XI, Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XII, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XII dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI. Berikut ini kompetensi inti dan Kompetensi dasar dari mata pelajaran ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA pada kelas XII dengan 8 jam pelajaran.
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana 4.1   Memproses pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana
3.2   Menerapkan prosedur perbaikan sarana dan prasarana 4.2   Memproses perbaikan sarana dan prasarana
3.3   Menerapkan prinsip-prinsip penghapusan sarana dan prasarana sesuai dengan peraturan 4.3   Melakukan  prinsip-prinsip penghapusan sarana dan prasarana sesuai dengan peraturan
3.4   Menerapkan  penghapusan sarana dan prasarana 4.4   Melakukan  penghapusan sarana dan prasarana
3.5   Menerapkan penyusunan data statistik administrasi sarana dan prasarana 4.5   Menyusun dan menyajikan data statistik administrasi sarana dan prasarana
3.6   Menerapkan pengelolaan dokumen administrasi kepegawaian sesuai dengan sistem kearsipan 4.6   Mengelola dokumen administrasi kepegawaian sesuai dengan sistem kearsipan
3.7   Menerapkan penyusunan laporan sarana dan prasarana 4.7   Menyusun laporan sarana dan prasarana
3.8   Menerapkan penyusunan rencana kerja dibidang sarana dan prasarana (uraian tugas dan jabatan,  program kerja, target kerja) 4.8   Menyusun rencana kerja di bidang sarana dan prasarana (uraian tugas dan jabatan,  program kerja, target kerja)

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.1 Administrasi, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Administrasi Perkantoran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.