Administrasi Keuangan Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

C3. Paket Keahlian yaitu: Administrasi Kepegawaian Kelas XI, Administrasi Kepegawaian Kelas XII , Administrasi Keuangan Kelas XI, Administrasi Keuangan Kelas XII , Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XI, Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XII, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XII dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI. Berikut ini kompetensi inti dan Kompetensi dasar dari mata pelajaran ADMINISTRASI KEUANGAN pada kelas XII dengan 6 jam pelajaran. Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan prinsip-prinsip administrasi keuangan kas kecil 4.1   Melaksanakan prinsip-prinsip administrasi keuangan kas kecil
3.2   Menerapkan prosedur pengajuan dana kas kecil 4.2   Memproses pengajuan dana kas kecil
3.3   Menerapkan prosedur penerimaan dan pengeluaran dana kas kacil 4.3   Mencatat proses penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil
3.4   Menerapkan prosedur pembayaran melalui kas kecil 4.4   Melakukan cara pembayaran melalui kas kecil
3.5   Menganalisis bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil 4.5   Menyusun bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil
3.6   Menerapkan cara mencatat bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil pada buku kas kecil 4.6   Mencatat bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil pada buku kas kecil
3.1     Menerapkan prosedur pembuatan laporan keuangan kas kecil dengan metode imprest ( Imprest Method ) 4.1     Membuat laporan keuangan kas kecil dengan metode imprest ( Imprest Method )
3.2     Menerapkan prosedur pembuatan laporan keuangan kas kecil dengan metode Fluktuasi ( Fluktuasi Method ) 4.2     Membuat laporan keuangan kas kecil dengan metode Fluktuasi ( Fluktuasi Method )
3.3     Menerapkan prosedur rekonsiliasi pengakuratan data 4.3     Melakukan rekonsiliasi pengakuratan data
3.4     Menggunakan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan 4.4     Mengoperasikan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.1 Administrasi, Administrasi Perkantoran, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.