Administrasi Keuangan Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

C3. Paket Keahlian yaitu: Administrasi Kepegawaian Kelas XI, Administrasi Kepegawaian Kelas XII , Administrasi Keuangan Kelas XI, Administrasi Keuangan Kelas XII , Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XI, Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XII, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XII dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI. Berikut ini kompetensi inti dan Kompetensi dasar dari mata pelajaran ADMINISTRASI KEUANGAN pada kelas XI dengan 6 jam pelajaran.
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan prinsip-prinsip administrasi keuangan 4.1   Melaksanakan  prinsip-prinsip administrasi keuangan
3.2   Menerapkan penyusunan anggaran dan pendapatan 4.2   Membuat anggaran dan pendapatan
3.3   Menerapkan prosedur pengajuan uang tunai 4.3   Memproses pengajuan uang tunai
3.4   Menerapkan prosedur penerimaan dan pengeluaran uang tunai / kas 4.4   Mencatat proses penerimaan dan pengeluaran uang tunai / kas
3.5   Menerapkan prosedur pembayaran uang tunai melalui kas 4.5   Melakukan pembayaran uang tunai melalui kas
3.6   Menganalisis bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang 4.6   Menyusun bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran uang
3.7   Menerapkan cara mencatat bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran pada buku harian 4.7   Mencatat bukti – bukti penerimaan dan pengeluaran pada buku harian
3.8   Menerapkan prosedur pembuatan laporan keuangan 4.8   Membuat laporan keuangan
3.9   Menggunakan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan 4.9   Mengoperasikan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.1 Administrasi, Administrasi Perkantoran, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.