ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

C3. Paket Keahlian yaitu: Administrasi Kepegawaian Kelas XI, Administrasi Kepegawaian Kelas XII , Administrasi Keuangan Kelas XI, Administrasi Keuangan Kelas XII , Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XI, Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XII, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XII dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI. Berikut ini kompetensi inti dan Kompetensi dasar dari mata pelajaran ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN pada kelas XI dengan 6 jam pelajaran.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Menerapkan prinsip-prinsip administrasi kepegawaian 4.1   Melaksanakan priinsip-prinsip administrasi kepegawaian
3.2     Menerapkan rencana / formasi kebutuhan pegawai 4.2   Menyusun rencana / formasi  kebutuhan pegawai
3.3     Menerapkan prosedur administrasi pengadaan pegawai 4.3   Memproses administrasi pengadaan pegawai
3.4     Menerapkan prosedur administrasi pengangkatan dan penempatan pegawai 4.4   Memproses administrasi pengangkatan dan penempatan pegawai
3.5     Menerapkan prosedur kelengkapan administrasi sumpah jabatan 4.5   Membuat kelengkapan administrasi sumpah jabatan
3.6     Menerapkan prosedur administrasi pengembangan pegawai 4.6   Memproses administrasi pengembangan pegawai
3.7     Menerapkan prosedur administrasi penilaian pegawai 4.7   Memproses administrasi penilaian pegawai
3.8     Menerapkan prosedur administrasi mutasi pegawai 4.8   Memproses administrasi mutasi pegawai
3.9     Menerapkan prosedur Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) 4.9   Membuat Daftar Urutan Kepangkatan (DUK)
3.10    Menerapkan prosedur cuti pegawai 4.10   Memproses cuti pegawai

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.1 Administrasi, Administrasi Perkantoran, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.