ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

C3. Paket Keahlian yaitu: Administrasi Kepegawaian Kelas XI, Administrasi Kepegawaian Kelas XII , Administrasi Keuangan Kelas XI, Administrasi Keuangan Kelas XII , Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XI, Administrasi Sarana dan Prasarana Kelas XII, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI, Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XII dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI. Berikut ini kompetensi inti dan Kompetensi dasar dari mata pelajaran ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN pada kelas XI dengan 6 jam pelajaran.
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,dan procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan prinsip – prinsip kehumasan 4.1   Melaksanakan prinsip – prinsip kehumasan
3.2   Mengaplikasikan ketrampilan komunikasi secara efektif 4.2   Melakukan berkomunikasi secara efektif
3.3   Mengaplikasikan komunikasi lisan dalam Bahasa Inggris 4.3   Melakukan berkomunikasi lisan dalam Bahasa Inggris
3.4   Menerapkan prosedur kerja sama dengan kolega dan pelanggan 4.4   Memproses kerja sama kolega dan pelanggan
3.5   Menerapkan pelayanan prima kepada kolega dan pelanggan 4.5   Melakukan pelayanan prima kepada kolega dan pelanggan
3.6   Menganalisis kebutuhan-kebutuhan pelayanan terhadap pelanggan yang berkualitas 4.6   Melakukan pelayanan kepada pelanggan yang berkualitas
3.7   Menganalisis data informasi di tempat kerja untuk pelayanan kehumasan 4.7   Mengelola data informasi di tempat kerja untuk pelayanan kehumasan
3.8   Menganalisis media informasi untuk pelayanan kehumasan 4.8   Menggunakan media informasi untuk pelayanan kehumasan
3.9   Menerapkan tata cara pembuatan media informasi untuk pelayanan kehumasan 4.9   Membuat media informasi untuk pelayanan kehumasan
3.10  Menerapkan tata cara penyusunan laporan kegiatan kehumasan 4.10   Menyusun laporan kegiatan kehumasan

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.1 Administrasi, Administrasi Perkantoran, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.